Jumat, 21 Januari 2011

Mencari Tetangga Di Surga

Abu Yazid al-Bustami namanya, Ia adalah seorang yang dikenal rajin bermunajat pada Allah. Suatu hari, hatinya senang, pikirannya seolah-olah melayang sampai ke Arsy "Aku berharap kelak menjadi tetangga Rasulullah saw. di surga", bisik hati kecilnya.

Ketika ia tersadar dari khayalan, tiba-tiba terdengar suara menyeru, "Ada seorang hamba yang kelak akan menjadi tetanggamu di surga. Ia tinggal dinegri ini," kata suara itu.

Mendengar suara itu, terdorong hatinya untuk mencari sahabatnya yang kelak menjadi tetangganya disurga itu. ketika akan menjumpai orang itu seorang lelaki menasihatinya, "Mengapa engkau mencari orang fasiq dan peminum arak itu. Padahal, dari tanda-tanda didahimu engkau orang shaleh," ujarnya.

Mendengar nasekat itu Yazid jadi termangu. "jika demikian, suara yang menyeruku itu syaitan. mengapa aku harus menurutinya?" bisik hatinya.
"Dimanan tempat orang itu?" tanya Yazid.
"Dia sekarang sedang mabuk-mabukan ditempat ini," ujar lelaki itu seraya menunjukan kesebuah tempat.

Abu Yazid menemui orang yang disebutkan itu. Benar ditempat itu ia melihat 40 orang laki-laki sedang mabuk-mabukan. sementara orang yang dicarinya tampak duduk diantara mereka. Abu Yazid cepat membalikan kaki hendak meninggalkan mereka. Ia merasa kesal dan putus asa. Tapi seseorang memanggilnya.

"Hai Abu yazid mengapa engkau tidak masuk kerumah ini. Bukankah engkau jau-jauh datang kemari untuk menemuiku? Bukankah kau mencari tetanggamu disurga?" tanya lelaki itu.

Dengan sedikit raggu Abu Yazid menurutinya masuk kerumah dan duduk diantara mereka yang sedng mabuk-mabukan. "Hai abu yazid, masuk surga jangan cuma ingin enak sendiri. Itu bukan sifat umat seorang lelaki sepertimu. Dulu ada 80 orang fasiq yang suka mabuk-mabukan seperti yang engakau lihat saat ini. kemudian aku berusaha mendekati mereka agar bisa menjadi tetanggaku disurga," kata lelaki itu.

Kemudian Abu Yazid diperkenalkan kepada 40 orang yang sedang mabuk-mabukan itu. Dengan dakwah dan pembimbingan khusus, akhirnya 40 orang itu sadar dan bertaubat. mereka itulah tetangga Abu yazid disurga.

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

jawe99 Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard Designed by SAER